Saturday, December 24, 2016

F-35 Lighning II: Pesawat Tempur Superior Terhebat Masa Kini


Bersama Sukhoi PAKFA, pesawat ini digadang-gadang sebagai pesawat tempur terhebat masa kini.

F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter (JSF). Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal yang dapat melakukan banyak fungsi. Antara lain pertempuran udara-ke-udara, dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis.

Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Inggris dan beberapa negara lainnya. Pesawat ini dikembangkan dan diproduksi oleh industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin serta dua rekan utamanya, BAE Systems dan Northrop Grumman.





Walaupun dipercaya sebagai pesawat superior terhebat  masa kini besama Sukhoi PAKFA, dalam sebuah permainan simulasi F-35 dikalahkan pesawat tempur Rusia Su-35! Hal ini dibantah bahwa pertempuran tersebut bukan pertempuran yang sesungguhnya.

  Pesawat pertama kali terbang pada tahun 2000 dan pesawat versi produksinya terbang pertama kali pada tanggal 15 Desember 2006. Kontrak JSF diberikan kepada Lockheed Martin dan Boeing pada tanggal 16 November 1996.

    Masing-masing perusahaan diharuskan untuk membuat dua pesawat yang dapat mendemonstrasikan lepas landas dan mendarat konvensional (conventional take-off and landing, CTOL), lepas landas dan mendarat pada kapal induk dan lepas landas pendek dan mendarat vertikal (short-take-off and vertical-landing, STOVL). Lockheed Martin mengembangkan X-35 dan Boeing mengembangkan X-32.

    Pada tanggal 26 Oktober 2001, diumumkan bahwa X-35 Lockheed Martin mengalahkan X-32 Boeing. Petinggi Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan Inggris menyatakan bahwa X-35 secara konsisten mengungguli X-32, walaupun keduanya sudah memenuhi syarat.

    Lockheed Martin, yang mengembangkan pesawat ini dengan nama “F-24”, terkejut ketika mengetahui bahwa pesawat ini akan diberi nama “F-35”. Pada 7 Juli 2006, Angkatan Udara Amerika Serikat secara resmi mengumumkan nama F-35, yaitu Lighting II.

    Nama ini juga dipakai untuk mengenang pesawat sebelumnya, yaitu P-38 Lightning dan English Electric Lightning. Nama lain yang sempat dipikirkan adalah Kestrel, Phoenix, Piasa, Black Mamba, dan Spitfire II. Lighting II juga sempat menjadi nama untuk F-22 Raptor.

Yuk temukan fakta unik pesawat lainnya dalam buku
1000+ Fakta Unik & Menarik tentang Pesawat



Kini tersedia di toko buku Gramedia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo

#buku #bukularis #bukufakta #bukupesawat #bukuunik #pesawat

No comments:

Post a Comment