Friday, March 17, 2017

Penemuan Besar Al-Sufi: Awan Magelan Besar



Penemuan besar Al Sufi adalah mengidentifikasi Awan Besar Magellan yang terlihat dari Yaman tetapi tidak dari tempatnya berada, Isafan. ‘Awan’ di luar angkasa tersebut tidak ditemukan sebelumya sampai Ferdinand Magellan melihat Awan tersebut dalam pelayarannya pada tahun 1519.  
Dalam tulisan-tulisannya, nama Awan Magellan Besar menjadi pengetahuan umum budaya barat. Galaksi tersebut sekarang menggunakan nama Magellan.  

Awan Magellan Besar merupakan satelit Galaksi Bima Sakti. Awan Magellan Besar adalah galaksi terdekat ketiga dari Bima Sakti tempat Bumi berada setelah  Galaksi Katai Elips Sagittarius  dan Galaksi Katai Canis Major.

Al Sufi
Salah Satu Tiga Bintang
Abd ar-Rahman bin Umar al-sufi Abul Husayn lahir di Rayy Persia pada tanggal 9 Desember 903. Al Sufi hidup di bawah pemerintahan Adud al-Dawla. Bahkan beliau tinggal di istana raja yang bertempat di Isfahan, Persia. Pada masanya beliau dikenal sebagai seorang astronom cemerlang dan merupakan salah satu cendikiawan kebanggaan sang raja yang terkenal dengan julukan ‘Tiga Bintang’. Dua bintang lainnya adalah al-Farisi seorang ahli tata bahasa dan Ibnu al-Alam seorang pakar tentang tabel-tabel astronomi. 

Temukan ilmuwan Muslim termashyur lainnya dalam buku
Kini tersedia di toko buku Gramedia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.
Atau temukan ilmuwan Mulim lainnya pada link di bawah ini:
#buku #bukubaru #bukumuslim #ilmuwan #ilmuwanmuslim #muslim


No comments:

Post a Comment