Thursday, March 9, 2017

Misteri Angka 13: Takhayul Angka Sial



Di berbagai gedung tinggi, lantai 13 umumnya tidak pernah dijumpai. Biasanya, setelah lantai 12 langsung menuju angka 14 atau angka 12a kemudian lantai 14. Sebagian orang di dunia masih menganggap angka 13 sebagai angka sial. 
Mitos tentang angka 13 berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah.
Kepercayaan takhayul dan aneka mitos tentang angka 13 berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Yakni, sebuah ajaran mistis kuno dari dewan penyihir tertinggi zaman Fir'aun. Kepercayaan tersebut pun diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal dan sebagainya hingga saat ini. 

Orang-orang yang takut pada angka ini disebut Triskaidekafobia, yaitu sebuah rasa takut yang tidak masauk akal akan bilangan 13. Hal ini sering kali dianggap sebagai takhayul. Sedangkan Ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 disebut paraskavedekatriafobia. 
Buku 1000+Misteri & Keanehan Dunia
Tiga Peristiwa dalam Angka 13
  1.   Konon di Dunia Barat ketakutan akan bilangan 13 dihubungkan dengan posisi ke-13 pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, si pengkhianat. 
  2.  Penahanan dan pembunuhan terhadap Ksatria Templar terjadi pada Jumat-13 Oktober 1307. Peristiwa ini banyak diyakini sebagai asal usul dari mitos yang berkaitan dengan kesialan di hari Jumat tanggal 13 atau ‘Fiday the Thirteen’. 
  3. Ekspedisi Apollo 13 ke bulan dianggap gagal karena menyandang nomor ke-13. Apollo 13 diluncurkan pada pukul 13:13, pada 11 April 1970. Namun sebenarnya para awak pesawat selamat, sehingga tidak bisa dikatakan sial.
Yuk temukan misteri angka dan simbol aneh dalam buku
1000+ Misteri & Keanehan Dunia
Kini tersedia di toko buku Gramedia diterbitkan oleh Elex Media.
  Untuk pemesanan, harga dan detail buku silakan klik disini.
 Atau baca kisah lainnya dalam Misteri & Keanehan Dunia by Yusup Somadinata.



No comments:

Post a Comment